by

BPJAMSOSTEK Cileungsi Tembus Klaim JHT Rp166 Miliar

BogortimurPerdananews – Selama masa pandemi Covid 19, jumlah Klaim BPJAMSOSTEK Cabang Bogor Cileungsi sudah membayarkan Rp166 Milyar untuk JHT saja.

PPS kepala BPJAMSOSTEK Cileungsi, Ratna Netty menuturkan untuk JHT sejak 1 januari 2020 hingga 22 juni 2020 ada 12.600 kasus.“Dari JHT itu mencapai 12.600 kasus. Total klaim JHT yang sudah kita bayarkan sebesar Rp166.026.891.310,” katanya kepada radarbogor.id Selasa (23/6/2020).

Ratna menuturkan, Dampak pandemi Covid-19 menjadikan sebagian besar perusahaan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada para karyawannya.Untuk klaim JHT sendiri, BPJAMSOSTEK memberikan pelayanan kepada peserta dengan menjalankan protokol kesehatan melalui Lapak Asik (Layanan Tanpa Kontak Fisik).

PPS Kepala BPJAMSOSTEK Bogor, Cileungsi, Ratna Netty menuturkan, Lapak Asik terdiri dari tiga kanal berupa online, offline dan kolektif.

“Awalnya pelayanan klaim BPJAMSOSTEK melalui Lapak Asik dilakukan secara one on one kemudian berkembang menjadi one to many karena dampak dari pandemi Covid-19 yang menjadikan perusahaan harus melakukan PHK,”jelasnya.

Ratna menuturkan, Pelayanan One on one merupakan pelayanan bagi peserta yang telah melakukan pendaftaran antrian secara online melalui website bpjsketenagakerjaan.go.id

Nantinya peserta yang telah mendaftar antrian online, mereka tidak perlu menyertakan berkas secara langsung.

“Jika persyaratan sudah lengkap, akan kami hubungi via video call WhatsApp untuk melakukan verifikasi data. Nanti akan kami ajukan beberapa pertanyaan. Jika sudah benar dan tidak ada yang meragukan akan kami proses dan nanti klaim akan kami kirimkan ke rekening yang bersangkutan,” paparnya.

Sementara itu untuk peserta yang tidak bisa melakukan pendaftaran antrian secara online akan dilayani secara offline melalui pelayanan one to many.

Adapun Pelayanan one to many, nanti peserta bisa datang ke kantor cabang secara langsung.

“Nanti peserta bisa menemui security untuk melakukan pengumpulan berkas. Setelah itu security akan memanggil sebanyak empat orang untuk memasuki ruangan. Jadi nanti satu customer servis akan melayani empat orang untuk melakukan verifikasi berkas melalui video conference,”jelasnya

“Hal ini untuk mengurangi kontak fisik secara langsung. Jika data sudah valid akan kami proses dan nanti klaim akan masuk ke rekening peserta,” tambah Ratna.

Selain itu, BPJAMSOSTEK Cileungsi juga melayani klaim secara kolektif bagi perusahaan yang terpaksa melakukan PHK kepada para karyawannya.

“untuk Klaim kolektif ini, dari pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK. Dengan menunjuk satu orang perwakilan misalnya HRD untuk pengumpulan berkas,” tukasnya.

(Idr)

Comment

PERDANANEWS