by

Kerendahan Hati Seorang Pemimpin

Oleh : Eky Kribo

BogortimurPerdananews – Dalam Kontestasi Politik / Pesta Demokrasi Serentak Tingkat Desa Yang Di Ikuti Lebih Dari Delapan Puluh Desa di Kabupaten Bogor Tahun 2020 Ini, Ada Hal Yang Berbeda dan Menarik Dari seorang Bakal Calon (Balon) Kepala Desa Yang Satu Ini, Selain Selalu Mengajak Berdoa Bersama, Juga Jarang Sekali Absen Untuk Meminta Maaf Jika Memiliki Salah Atau Pernah Menyinggung Perasaan Selama Menjadi Sekdes Mendampingi 2 Kepala Desa Sebelumnya.

Beliau Juga Acap kali Dalam Setiap Moment Sosialisasinya, Dengan Rendah Hati Mengucapkan : “Mana Mungkin Seorang Saeful Anwar Mampu Membangun Desa & Menjadikan Masyarakatnya Sejahtera Lahir Dan Batin, Tanpa Bantuan Dan Kerjasama Dari Bapak & Ibu Sekalian Ataupun Dari Warga Masyarakat Seluruhnya.

Seandainya Saja Allah Takdirkan Saya (baca : Saeful Anwar) Menjadi Seorang Kepala Desa, Maka Saya Berniat Bahwa Forum2 Pertemuan/ Diskusi Seperti Ini Tidak Boleh Hanya Selesai Sampai Disini Saja, Kita Mesti Bersama2 Terus Jalin Silaturahmi Antara Pegawai Desa Dengan Masyarakatnya.

Desa Dan Masyarakat Haruslah Bersinergi, Jangan Sampai Ada Program2 Pemerintah Desa Maupun Pusat Yang Tidak Tersampaikan Terhadap Masyarakat.

Mana Mungkin Juga Seorang Saeful Anwar Menjadi Kepala Desa, Tanpa di Didukung dan Dipilih Oleh Bapak/Ibu Maupun Adik2 Sekalian.

Dalam Prakteknya, Nanti Seorang Kepala Desa Setelah di Lantik, Haruslah Menyusun Rancangan Program Jangka Menengah Desa (RPJMDes) Untuk 6 Tahun Kedepan dalam Jangka Waktu 3 Bulan. Saeful Anwar dalam Hal Ini Jika Memang Allah Takdirkan di Beri Kesempatan dan Dipercaya Oleh Masyarakat Untuk Memimpin Desa Cileungsi Kidul, Maka Berniat Akan Melibatkan Seluruh Lapisan Masyarakat Untuk Duduk Bersama2, Merancang, Merencanakan, Mengawal dan Mengevaluasi RPJMDes Untuk 6 Tahun Masa Jabatan Kedepan.

Lalu Dengan Keterbukaan Informasi Public, Dan Kepedulian Terhadap Kebutuhan Masyarakat Maka Bersama Saeful Anwar, Desa Akan Siap Menjadi Motor Penggerak Perekonomian, Pusat Edukasi, Penyalur Kreatifitas Generasi Muda & Para Pegiat Seni maupun Budaya, Menjadi Wadah Penyalur Terbukanya Lapangan Kerja/ Pemberdayaan Melalui Program UKM & Bumdes.

Sekali Lagi, Seorang Saeful Anwar Tidaklah Mungkin Mampu Mewujudkan Pembangunan Desa & Cita2 Masyarakat Semua Tanpa Adanya Dukungan, Doa dan Kerjasama Dari Masyarakatnya”.

Begitulah Salah Satu Kalimat Dari Seorang Balon Kepala Desa Yang Sangat Padat Jadwal Undangan Sosialisasi Oleh Masyarakatnya Desanya Yang Penasaran Ingin Bertemu, Balon Yang Setiap Pertemuannya Selalu Ramai Dihadiri 50 s/d 150 Warga Dengan Antusias Tinggi Karna Sosok Beliau Yang Kerendahan Hatinya Dalam Berkomunikasi Selalu Menunjukkan Bahwa Dirinya Bukanlah Apa2 Tanpa Ketetapan Allah dan Tanpa Bantuan/Kerjasama Masyarakat.

Namun Yang Penulis Ingin Sampaikan Dsini Adalah,

Salah Satu Pesan Ulama Besar Islam, Yaitu,

Abdullah bin Mubarrak Rahimahumullah, Beliau Berkata :

Ilmu itu ada 3 Tingkatan.

1. Pertama, Jika Berilmu Maka Ia Akan Sombong

2. Kedua, Ia Akan Menjadi Seorang Yang Tawaddhu

3. Ketiga, Ia Akan Merasa Ia Tidak Tau Apa2.

Disini Terlihat Sekali Saeful Anwar Menunjukkan Kapasitasnya Dalam Tingkatan Keilmuan Yang Matang, Pemikiran Yang Tajam dan Terarah Sebagai Sosok Pemimpin Yang Di Nantikan.

Cileungsi 21 September 2020

Comment

PERDANANEWS