by

Kecamatan Cileungsi Zona Merah Covid-19

BogortimurPerdananews – Kecamatan Cileungsi masuk dalam deretan Kecamatan di kabupaten Bogor Jawa Barat sebagai penyumbang kasus harian Covid-19 terbanyak. Sebab, saat ini sebaran zona merah kecamatan atau zona rawan penularan Covid-19 sudah merata di 40 kecamatan yang ada di Kabupaten Bogor.


Bahkan, tak ada satu pun kecamatan yang menyandang status zona hijau, dan rata-rata didominasi oleh zona rawan penularan Covid-19 tersebut


“Iya betul kita sudah zona merah kalau dilihat dari skala nasional,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor, Irwan Purnawan saat dihubungi Media Kompas.com pada Kamis (17/12/2020).
Meluasnya zona merah kecamatan itu seiring adanya tambahan kasus harian Covid-19 yang dilaporkan selama sepekan terakhir.

Jika dikalkulasikan, rata-rata perhari ada sampai puluhan orang yang terinfeksi Covid-19. Setidak-tidaknya sebanyak 50 orang lebih yang dilaporkan positif Covid-19 secara berturut-turut.

Artinya, adanya beberapa kecamatan yang berpindah level status dari zona oranye ke zona merah. Perpindahan level status ini menguatkan bahwa setiap kecamatan selalu ditemukan belasan orang terkonfirmasi positif.

“Kita punya pengaturan skala lokal yaitu dilacak perkecamatan jadi pusat nggak mungkin lihat perkecamatan, melihatnya pasti keseluruhan, nah dari nasional kita sudah zona merah terus zona hijau sudah nggak ada. Tapi kita tuh juga ada warna oranye,” bebernya.


Irwan menyebut bahwa Kecamatan Cileungsi Kabupaten Bogor Jawa Barat menjadi zona paling merah penularan virus Covid-19 atau paling banyak dilaporkan kasus baru. Berdasarkan hasil tracing puskesmas menunjukkan kasus harian penularan masih terus berlangsung di masyarakat terutama pada kontak erat. Pemeriksaan terhadap sebagian kasus dengan bergejala Covid-19 yang datang ke fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Bogor juga masih menunjukan hasil swab positif.

“Dari data rilis jumlah terbanyak masih dari kecamatan Cileungsi sebanyak 12 kasus. Terdapat juga 10 transmisi keluarga dari kecamatan Cileungsi (3 keluarga), Bojonggede, Ciampea, Cibinong, Gunung Sindur, Jonggol, Megamendung dan Tamansari (1 keluarga),” jelas dia.

Hingga Kamis tanggal 17 Desember 2020, jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bogor mencapai 4.514 pasien, 73 kasus di antaranya meninggal dunia dan 3.820 dilaporkan sembuh.

(Idr)

Comment

PERDANANEWS